Fakta Dan Mitos Tentang Penyakit Kista

Fakta Dan Mitos Tentang Penyakit Kista

fakta dan mitos tentang penyakit kista

fakta dan mitos tentang penyakit kista

Fakta Dan Mitos tentang penyakit kista – Divonis kista oleh dokter bagi sebagian wanita memang sangat menyeramkan . yang ada di bayangan hanya ada meja operasi. Selain itu sipasien lebih banyak bertanya apakah berbahaya , apakah ada obatnya supaya bisa hilang kistanya tanpa operasi. pertanyaan umum yang sering ditanyakan pasien . Banyak juga pasien yang belum faham akan pengetian kista , berikut penjelasan mengenai fakta dan mitos tentang penyakit kista

Pengertian Kista ( Fakta Dan Mitos Tentang Penyakit Kista )

Kista merupakan suatu penggumpalan cairan yang dibatasi dinding ( kapsul ) dan dapat dipisahkan dari jaringan sekitarnya.sebenarnya kista bisa tumbuh dimana saja mulai dari otak , ginjal ,organ kandungan ,kulit dll. Kelenjar keringat yang tersumbat dapat berkembang menjadi kista sebase di kulit. dan masih banyak lagi kista. Namun pada kesempatan ini saya hanya menjelaskan mengenai kista ovarium , kista ovarium ini dibilang kista yang jinak atau kista yang dapat berubah menjadi ganas. Ukuran dari kista tidak menunjukan kista tersebut bersifat jinak ataupun ganas.Bisa saja kista yang besar bersifat jinak atau kista yang kecil tapi ganas. ( Fakta Dan Mitos Tentang Penyakit Kista )

Kista Ovarium dapat ditemukan bahkan pada wanita normal , biasanya ukurannya kecil namanya kista folikel yang berisi sel telur , ukurannya tidak lebih dari 4-5cm. Kista normal lain yang dapat ditemukan adalah kista pada ibu hamil yang biasa disebut dengan corpus lutern graviditatumbertujuan untuk mempertahankan kehamilan selama fungsi plasenta belum sempurna. Fakta Dan Mitos Tentang Penyakit Kista

Kista pada umumnya berisi cairan dapat berubah cairan jernih,cairan berlendir, cairan coklat yang berasal dari darah, cairan nanah dll. Kdang ditemukan juga kista yang berisi lemak , rambut , fragmen tulang , gigi dll.

Mitos diseputar kista sering ditemukan ,sebagian orang menganggap bahwa gangguan di pola haid atau menstruasi sering berhubungan dengan adanya kista. Padahal kista seringkali tidak mempengaruhi siklus seseorang kecuali kista dalam kehamilan dimana seseorang berhenti haid karena hamil.

kistabaru

Mitos lain adalah disaat ditemukannya kista yang berisi gigi atau rambut , maka seringkali dianggap bahwa pasien adalah korban santet . padahal bukan santet , kista ini disebut sebagai kista dermoid dapat berisi rambut , gigi , tulang , kulit mati , lemak ,kelenjar dll. Pada dasarnya kista dermoid berisi sel-sel germinal yang bisa berubah menjadi struktur tersebut. Kista dermoid bisa ditemukan pada usia muda yaitu belasan hingga 20 tahunan.

Mitos lain adalah kista sering membuat seseorang tidak subur atau tidak punya anak. Tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Kista coklat atau endometrioma dapat mengganggu kesuburan karena menimbulkan perlengkatan organ kandungan dan menghambat proses pembuahan. Selain itu kista yang diakibatkan oleh infeksi dan berisi nanah jelas akan mempengaruhi kesuburan. Peluang untuk memiliki anak tetap ada namun sulit

Mitos lainnya adalah sebagian wanita sering minum air es saat sedang haid ,katanya bisa terbentuk kista atau kista yang sudah ada akan cepat membesar . hal ini jelas mitos tidak air es yang bisa menimbulkan kista. Cepat membesarnya suatu kista tergantung dari jenis kistanya bukan di pengaruhi oleh suhu makanan.

Dari kesimpulan di atas anda sudah bisa membedakan mana Mitos atau Fakta Tentang penyakit kista. Semoga bermanfaat –

fakta dan mitos tentang penyakit kista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *